Wednesday, December 30, 2015

Giethoorn, Desa Unik Tanpa Jalan Raya

Giethoorn, Desa Unik Tanpa Jalan Raya ini memang terdengar aneh lantas bagaimana dengan sistem transportasinya. Yang terbayangkan bahwa desa atau kota selalu memiliki jalan raya untuk transportasi dll. Namun, tidak dengan desa yang ada di Belanda ini yang bernama Giethoorn yakni desa yang berada diatas air dan diantara bangunan rumah, gedung dikelilingi oleh kanal. Mungkin desa ini belum begitu banyak yang mengetahuinya dan desa ini juga disebut-sebut sebagai Venesianya Belanda. Dimana venesia merupakan kota yang terkenal di dunia sebagai kota yang berada diatas air dan dikelilingi banyak kanal disekitarnya.


keunikan-duniawi.blogspot.co.id
Giethoorn, Desa Unik Tanpa Jalan Raya

Di desa ini alat transportasi utama dan satu-satunya adalah menggunakan perahu jadi banyak perahu yang bersandar di sekitar perairan atau dekat rumah. Udara di tempa ini sangat bersih karena tidak adanya kendaraan yang melintas. Jika anda ke belanda ini bisa menjadi tempat yang wajib dikunjungi.

Giethoorn, Desa Unik Tanpa Jalan Raya ini berada 88km timur laut ibu kota Belanda, Amsterdam. Di desa ini setidaknya ada 1500 jembatan yang menghubungkan antar kanal yang ada di Giethoorn. Kanal-kanal yang ada di desa ini pun pernah terdaftar menjadi World Heritage UNESCO pada tahun 2010.


giethoorn
Giethoorn, Desa Unik Tanpa Jalan Raya

Terjadinya desa unik ini karena akibat banjir St. Elizabeth yang pernah melanda desa ini di tahun 1170 dan musibah tersebut membawa keajaiban dan keunikan tersendiri bagi Giethoorn. Pada tahun 1230 kota banjir ini ditata sedemikian rupa oleh pada Imigran yang berasal dari Mediterania dengan menciptakan atau membangun sungai-sungai kecil dengan tujuan menyingkirkan tanah gambut. Dari penggalian sungai-sungai kecil tersebut membantuk gundukan-gundukan tanah yang tinggi seperti pulau kecil yang ada di sekitar sungai. Kemudian para imigran tersebut memanfaatkan dataran/gundukan tanah tersebut sebagai tempat tinggal maka dibangunlah rumah-rumah.  Dan sebagai penghubung antar pulau dibuat jembatan-jembatan kecil.

Amsterdam pun mulai membangun kanal-kanal dengan kanal utama seperti Keizersgracht, Prinsengracht, dan Heregracht yang populer pada abad 17. Panjang kanal utama memiliki panjang 7,5 km dan dari kanal utama dapat menuju ke kanal kecil yang ada di Giethoorn. Walaupun di desa ini banyak terdapat kanal-kanal kecil, suara dari perahu-perahu pun tidak membuat bisaing karena warga setempat menggunakan perahu wishper boat yang memiliki mesin halu. Selain udara yang sangat bersih juga tidak terdengar kebisingan yang mengganggu.

giethoorn
Giethoorn, Desa Unik Tanpa Jalan Raya

Jika anda ingin merasakan tempat yang segar, rindang, tenang, nyaman dan bebas polusi maka tempat ini bisa menjadi alternatif yang tepat. ketika anda menyusuri sungaisungai dan berkeliling desa ini anda akan merasakan kesegaran alami yang kanan kiri dihiasi dengan pulau-pulau kecil yang dijadikan tempat tinggal para penduduk desa.

Giethoorn, Desa Unik Tanpa Jalan Raya memang telah membuktikan bahwa suatu bencana  dapat menjadi berkah tersendiri yang mengagumkan. Bagaimana liburan kali ini jika berkunjung ke desa ini? tentu sangat menyenangkan... selamat berlibur jangan lupa berlangganan keunikan-duniawi.blogspot.co.id di facebook dan google + untuk selalu mendapatkan berita unik yang terbaru dan baca artikel ini Desa Paling Unik dan Aneh di Indonesia. Jangan lupa di SHARE ya guys biar banyak yang tau...

Related Posts

Giethoorn, Desa Unik Tanpa Jalan Raya
4/ 5
Oleh