Saturday, January 2, 2016

Burano, Pulau Unik Berwarna-Warni

Burano, Pulau Unik Berwarna-Warni ini berada di Venesia, Italia. Pulau ini memang terlihat seperti pelangi yang menawan dengan warna-warna yang berbeda diatas pulau. Pulau unik ini memiliki kesan yang berbeda dengan pulau-pulau pada umumnya yang ada di dunia. Warna-warni yang ada di pulau ini berasal dari warna rumah para penduduk di pulau Burano ini. Di pulau ini anda akan melihat berbagai warna rumah seperti hijau, kuning, merah, kuning, biru, hitam, pink, dan masih banyak warna lainnya. Selamat datang di keindahan pulau pelangi dan menawan ini.


burano, venesia
Burano, Pulau Unik Berwarna-Warni

Italia memang terkenal dengan Menara Pisa nya, namun tahukan anda jika pulau berwarna-warni Burano yang ada di Venesia ini cukup mencuri perhatian dari wisatawan lokal maupun asing. Pulau ini bisa ditempuh dengan memakai perahu dari sungai Venesia.

Orang-orang yang mendiami pulau ini adalah masyarakat yang melarikan diri dari kota Altino yang disebabkan karena terjadinya invasi kaur Barbar. Kejadian ini terjadi ketika masa Kerajaan Romawi silam.

Burano, Pulau Unik Berwarna-Warni


burano, veesia, italia
Burano, Pulau Unik Berwarna-Warni

Nah, yang jadi pertanyaannya mengapa rumah-rumahnya dibuat dengan berwarna-warni seperti pelangi? Tentu penasaran kan? menurut sejarahnya, sebagian besar penduduk yang mendidami pulau ini bekerja sebagainelayan yang selal pergi melaut untuk mencari ikan. Ketika mereka tiba dari laut, mereka para nelayan tersebut tidak mengenali rumahnya sendiri karena terhalang oleh kabut. Karena itulah, masyarakat setempat mengecat rumahnya yang warnanya berbeda-beda sehingga mereka hafal dengan rumahnya sendiri.

Rumah yang ada di pulau ini satu rumah dengan rumah yang lain memiliki warna yang berbeda ada yang hijau, merah, kuning, ungu, biru dan masih banyak warna lainnya. Nah, dengan adanya inisiatif penggunaan cat untuk menghiasi rumahnya tersebut ternyata banyak diminati oleh para wisatawa hinggi kini. Pulau ini juga sudah didiami sejak abad ke-6 oleh penduduk.

Namun, dalam mengecat atau mewarnai rumahnya ada peraturan tersendiri dan tidak sembarangan mengecat rumahnya sesuai yang diinginkan pemilik rumah. Setiap warga yang ingin mengecat rumah harus mengirimkan surat permohonan yang ditujukan kepada pemerintah setempat. Kemudian, pihak pemerintah memberikan keputusan bahwa rumah tersebut boleh  dicat dengan warna tertentu atau tidak.  Jadi, warga pulau ini tidak sembarangan mengecat rumahnya karena harus melalui proses terlebih dahulu. Hal tersebut untuk menghindari kesamaan warna rumah warga satu dengan yang lainnya.


burano
Burano, Pulau Unik Berwarna-Warni

Pada awalnya pulau ini terkenal dengan renda yang dibuat oleh para wanita yang ada di Burano pada abad ke-16. Hasil rendanya ternyata disukai oleh pasaran di eropa dan kemudian renda-renda pun di ekspor ke Eropa. Pada abad ke-18 bisnis ini mulai menurun dan terpuruk hingga tahun 1872. Lalu dibuka kembali sekolah pembuatan renda di pulau Burano ini sejak itu renda mulai terkenal kembali dan menjadi komoditas ekspor dan menjadi daya tarik para wisatawan ketika datang ke pulau ini.

Burano, Pulau Unik Berwarna-Warni ini akan menyuguhkan pemandangan yang sangat menawan seperti pelangi diatas daratan dan juga bisa berwisata membeli atau melihat hasil renda-rendanya. Bagaimana berminat berkunjung di pulau ini? dan rasakan keindahannya. Baca juga artikel ini dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru dari keunikan-duniawi.blogspot.co.id

Related Posts

Burano, Pulau Unik Berwarna-Warni
4/ 5
Oleh