Monday, February 22, 2016

Dukuh Legetang Dieng Hilang dan Hancur Dalam Semalam

Dukuh Legetang Dieng Hilang dan Hancur Dalam Semalam ini merupakan kisah cerita nyata yang terjadi sudah sejak lama, namun kemungkinan masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Kisah dari dukuh legetang yang berada di Dieng Jawa Tengah ini hendaknya bisa dijadikan sebuah pelajaran bagi kita semua. Tentu masih ada yang penasaran mengapa daerah ini bisa hancur hilang dalam semalam tanpa ada sisa apapun? Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai hal ini di asliunik.net.


dukuh legetang
Dukuh Legetang Dieng Hilang dan Hancur Dalam Semalam


Dukuh Legetang merupakan suatu wilayah yang terletak di lembah pegunungan Dieng atau 2 km dari kompleks pariwisata dieng yang berada di kabupaten Banjarnegara. Warga dukuh Legetang sebagian besar adalah petani dan sangat sukses dan kaya raya. Dari hasil pertanian yang mereka kerjakan setiap hari membuahkan hasil yang sangat besar bahkan hampir semua warga dukuh legetang sukses dan kaya-kaya. Daerahnya yang subur membuat hasil panennya sangat melimpah dimana berbeda dengan daerah lainnya yang ada di sekitarnya seperti hasil panen buah/sayurnya selalu menghasilkan kualitas yang lebih baik dari pada daerah lain.


Dukuh Legetang Dieng Hilang dan Hancur Dalam Semalam


dukuh legetang
Dukuh Legetang Dieng Hilang dan Hancur Dalam Semalam

Sebagi makhluk ciptahan Tuhan YME dengan apa yang didapatkan bisa bersyukur kepadaNya, namun berbeda dengan warga dukuh Legetang ini karena mereka termasuk orang-orang yang tidak pandai bersyukur. Hal ini dikarenakan bahwa semua warga dukuh Legetang semuanya terlena akan hasil kekeayaan yang ia dapat, mereka malah terjerumus kepada hal-hal yang tidak baik bahkan melupakan sang Pencita. Kehidupan di dukuh ini selalu dihiasi dengan gaya hidup yang berlebihan, tindakan/perbuatan yang dilarang agama dan mereka semua hanya melakukan kesenangan duniawi saja. Tiap malam selalu dihiasi dengan pentas seni lengger yang akan berujung pada hal-hal yang terlarang.

Akhirnya, pada suatu malam di dusun Legetang ini turun hujan yang sangat lebat sekali kemudian tengah malamnya mulai reda tiba-tida ada suara menggelegar “buum” yang terdengar mirip dengan benda yang besar berat berjatuhan ditanah. Ketika pagi hari tiba, para warga yang tinggal di sekitar dukuh Legetang semuanya penasaran dengan suara gemuruh semalam dengan demikian mereka berbondong-bondong untuk melihatnya dan ternyata gunung pengamun-amun telah terbelah menjadi dua dan separuh belahannya menimbun ke dukuh Legetang dan semua warganya mati tertimbun tanah. Namun anehnya, dukuh Legetang yang semula lembah jika tertimbun tanah harusnya wilayahnya rata tetapi ini menjadi gundukan tanah baru yang mirip dengan perbukitan.


asliunik.net
Dukuh Legetang Dieng Hilang dan Hancur Dalam Semalam

Atas kejadian itu, semua warga Dieng akhirnya gempar karena keanehan bencana tersebut. Warga sekitar yang melihatnya pun terheran-heran atas kejadian tersebut karena jika gunung pengaun-amun longsor tentu akan menimpa tempat yang ada di bawahnya namun ini bukan dari longsoran gunung. Dimana antara gunung pengamun-amun dengan dukuh legetang ada jurang atau sungai yang tidak terkena longsoran tanah dan masih ada hingga kini. Jika dipikir-pikir seakan-akan ada separuh gunung tersebut melayang menimbun dukuh Legetang. Nah, siapa lagi yang bisa membuat kejadian yang seperti ini kalau bukan Allah SWT? Maka dari itu apapun keadaan kita baik susah senang harus ingat padaNYA selalu karena kita akan kembali kepadaNYA. Bilamana Allah SWT sudah berkehendak terjadi maka akan terjadi apapun itu. Sungguh Allah SWT maha besar.

Ada yang menyebut cerita ini hoax semata namun kenyataannya ini benar ada dan terjadi pada masa lalu. Kini diatas bukit Dukuh Legetang yang tertimbun tersebut dibuat tugu peringatan yang diberi tulisan yang menyebutkan bahwa pada 16/17-4-1955 terjadi longsor gunung pengamun-amun yang menewaskan 332 orang warga setempat dan 19 orang warga tamu dari daerah lain. Kini gundukan tanah diatas bekas dukuh legetang tersebut digarap oleh warga untuk menanam sayur dan tembakau.


Dukuh Legetang Dieng
Dukuh Legetang Dieng Hilang dan Hancur Dalam Semalam

Meninggalkan dukuh Legetang kita mengalih ke tempat tetangganya yakni desa Pakisan. Ketika anda pergi ke arah bekas dari dukuh Legetang akan elewati desa Pakisan yang kehidupannya berbanding terbalik dari dukuh Legetang. Dimana warga Pakisan warganya sangat santun, agamis dan rukun. Disepanjang perjalanan akan melihat semua wanita-wanitanya berjilbab panjang dan juga sering menggelar pengajian yang diadakan di masjid setempat dan semua warganya berduyun-duyun datang kemasjid. Hampir seluruh warga desa Pakisan mengikuti dengan aktif da’wah serta kajian.

Dukuh Legetang Dieng Hilang dan Hancur Dalam Semalam itu cerita nyata yang membuka mata manusia untuk tetap ingat kepada sang pencipta. Sungguh Allah maha besar. Jangan lupa Like danShare dan untuk mengikuti terus berit terbaru lainnya bisa berlangganan kami di facebook dan google +. Baca pula Tempat Paling Dalam di Dunia

Related Posts

Dukuh Legetang Dieng Hilang dan Hancur Dalam Semalam
4/ 5
Oleh