Monday, February 15, 2016

Tips Menghadapi Mertua Yang Cerewet dan Menyebalkan

Tips Menghadapi Mertua Yang Cerewet dan Menyebalkan – Sebuah pernikahan merupakan hal yang menyatukan dua insan yang berbeda. Selain mempersatukan dua insan tersebut dalam pernikahan juga mempersatukan dua keluarga dari pihak mempelai wanita dan laki-laki. Hal itulah yang membuat hubungan dalam pernikahan diharapkan dapat menyatukan kedua keluarga agar tercipta keluarga baru yang harmonis baik anak dengan orang tuanya atau anak dengan mertuanya. Berbicara dengan mertua tentu tidak semua orang mendapatkan mertua yang baik dan menerima anak menantunya seperti anaknya sendiri namun juga ada mertua yang sebaliknya dari itu. Iiiihh sereeeemmm..!!


mertua jahat
Tips Menghadapi Mertua Yang Cerewet dan Menyebalkan

Sebagian orang setelah menikah mengeluhkan tentang karena memiliki mertua yang cerewet, bawel atau menyebalkan terlebih lagi yangs ering mengeluhkan hal ini adalah para menantu wanita. Entah apa yang salah dari sang anak menantu, apapun yang dilakukan selalu tidak benar dimatanya. Sebagai menantu khususnya wanita selain patuh dan hormat terhadap suami juga ingin patuh dan hormat terhadap mertuanya seperti ia menghormati orang tuanya sendiri. Namun, terkadang apa yang dilakukannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh sang mertua dan mertua yang seperti ini sering terjadi pada ibu mertua. Mungkin sudah jadi hal yang tidak asing lagi jika wanita memang memiliki jiwa cerewet,dll, entahlah..!.

Awal masalah yang terjadi antara menantu dan mertua memang terbilang biasa-biasa saja ketika pernikahan sudah menginjak semakin lama maka hal tersebut menjadi suatu masalah yang bisa membuat stress yang menantu khususnya menantu perempuan. Dan hal ini pun sering dikeluhkan oleh para istri muda yang sering memberikan julukan kepada si mertua seperti mertua cerewet, bawel, suka mengatur, menyebalkan dan lainnya. Memang sebagai menantu harus bisa menghormati mertua seperti menghormati orang tua kita namun jika mertuanya cerewet tentu akan membuat stress dan tidak nyaman. Hal ini sering terjadi jika istri muda masih tinggal satu atap denga mertua karena belum memiliki rumah sendiri dan mengikuti suaminya. Jadi pertemuan setiap saat suka tidak suka terkadang sering menimbulkan suatu konflik yang berlarut-larut.

Sebenarnya tidak semua mertua dan menantu memang jahat, menyebalkan dan cerewet. Tetapi pada kesempatan kali ini asliunik.net akan membahas tentang bagaimana tips mengatasi mertua yang cerewet dan menyebalkan dengan baik, halus dan sopan. Tentu sebagai istri atau menantu yang lebih muda memang harus bisa meredam maarah dan dapat memecahkan masalah atas perselisihan tersebut.  Namanya juga orang tua yang ingin selalu dianggap benar atau selalu dihargai, dengan demikian sebagai yang lebih muda harus bisa lebih dewasa dan meminimalisir konflik-konflik yang terjadi. 

Tips Menghadapi Mertua Yang Cerewet dan Menyebalkan


asliunik.net
Tips Menghadapi Mertua Yang Cerewet dan Menyebalkan

Untuk mengatasi mertua yang cerewet dan menyebalkan ada beberapa hal yang harus anda atau sebagai menantu agar konflik tidak terjadi berlarut-larut dan membuat stress sendiri dalam diri menantu. Stress yang terjadi karena konflik tersebut tentu akan membuat menantu terutama perempuan membuat tidak nyaman tinggal bersama satu atap. Langsung saja berikut tips-tips menghadapi mertua yang cerewet dan menyebalkan tersebut.


Menikmati waktu luang


Salah satu cara menghilangkan dan menghindari ketegangan dengan mertua adalah dengan menikmati waktu luang dengan menyusun rencana untuk berlibur bersama sang suami. Liburan bisa anda manfaatkan untuk menghibur diri dari kepenatan di rumah atau bisa mengeluarkan unek-unek yang ada di hati anda kepada sang suami. Dengan bercerita keluh kesah yang anda rasakan kepada suami bisa sedikit melegakan perasaan dan siapa tau suami bisa membantu memecahkan masalah yang ada. 

Jangan diambil hati


Sikap mertua yang cerewet, menyebalkan dan suka mengatur biasanya karena sang mertua ingin menjadi terbaik namun mungkin caranya sedikit kliru. Masalah yang sering terjadi adalah masalah memasak di dapur dimana ibu mertua ingin mengharapkan menantunya dapat memasak yang sesuai dengan keinginannya namun terkadang jika tidak sesuai dengan yang diharapkan maka dari situlah konflik pun terjadi. Masalah di dapur, ibu mertua biasanya memang selalu cerewet  dan cenderung mengatur. 

Nah, jika hal itu terjadi lebih baik anda sebagai menantu yang lebih muda lebih baik jangan diambil hati dan anggap saja itu suatu saran yang membangun. Memang sih sebagai perempuan muda hal tersebut sangat sulit untuk diterima namun anda harus bisa lebih bijaksana dan mengalah agar tidak terjadi konflik yang berkelanjutan.


mertua cerewet
Tips Menghadapi Mertua Yang Cerewet dan Menyebalkan

Mengiyakan apa kata mertua


Jika anda sebagai menantu memiliki keadaan yang sensitif maka hal yang perlu diingat jangan pernah menjawab yang bisa mneyulut emosi mertua. Hal ini memang dapat menjadi sumber konflik yang membuat amarah mertua lebih meledak-ledak. Ketika anda berurusan dengannya lebih baik bertindak tak tau apa-apa dari pada sok tau dan nantinya malah menjadi bahan omelan yang bisa membuat anda sakit hati yang berkepanjangan. Dan bertindaklah dalam posisi netral yang bisa memberikan posisi yang aman pada diri anda selain itu iya kan saja apa yang dikatakan mertua. Mertua akan lebih suka jika omongannya diiyakan dan dituruti entah itu benar atau salah menurut kita sehingga posisi kita lebih aman. Namun, memang walaupun sudah begitu mertua terkadang masih mencari-cari hal yang membuat kita sakit hati.


Membangun pikiran yang sehat


Tips selanjutnya adalah dengan membangun pikiran dalam diri kita agar lebih baik dan sehat tidak terpaku oleh emosi yang bisa menyulut diri kita sendiri. Jangan pernah menghabiskan pikiran dan juga tenaga untuk terus memikirkan dan melayani konflik yang terjadi dengan mertua.  Daripada sama-sama bersikeras saling emosi mending kita sebagai yang muda untuk mmebangun pikiran yang sehat dan sedikit memamhami emosi dan sifat dari mertua yang memang begitu adanya. Jika kita lawan dengan emosi yang ada sebagai menantulah yang rugi dan menjadi stress sendiri. Atau gak lebih baik diam dan berbicaralah seperlunya saja.


Menyibukkan diri


Memiliki kesibukan sendiri tentu akan membantu agar tidak terus-terusan selalu berpapasan dengan mertua. Buatlah suatu hal yang ringan yang membuat anda nyaman dan senang, dengan begitu pikiran anda tidak akan terpaku dengan mertua. Kesibukan yang anda buat tidak harus yang keras dan berat tetapi bisa dengan suatu pekerjaan yang ringan yang selalu menyita perhatian anda. Coba dech...!!!


mertua menyebalkan
Tips Menghadapi Mertua Yang Cerewet dan Menyebalkan

Memisahkan diri


Tips terakhir yakni dengan cara memisahkan diri dengan mertua. Dalam hal ini cara memisahkan diri bisa dengan menjauhkan diri ketika terjadi konflik atau tengah terjadi hal yang tidak anda inginkan atau bisa dengan hidup mandiri bersama suami atau anak di rumah sendiri atau mengontrak rumah. Hal ini bisa membuat hidup anda lebih fresh segar dan tidak selalu terlibat konflik secara langsung dengan mertua yang sering terjadi.

Tips Menghadapi Mertua Yang Cerewet dan Menyebalkan tersebut diatas bisa anda coba sendiri ya jika memiliki mertua seperti itu. Hehehe.... Mertua memang tidak semuanya memiliki sifat yang seperti itu ada yang sangat baik karena sifat manusia tidak ada yang sama. Nah, artikel ini sekiranya bisa dipahami bagi mereka yang memiliki mertua cerewet dan sebagai menanti bisa memahami sifat mertua yang seperti itu sehingga tidak lagi terjadi konflik yang berkepanjangan. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru lainnya. Like dan share ya, baca pula Nenek Terkuat Di Dunia

Related Posts

Tips Menghadapi Mertua Yang Cerewet dan Menyebalkan
4/ 5
Oleh