Saturday, March 12, 2016

Tradisi Cari jodoh paling Unik di Indonesia

Tradisi Cari jodoh paling Unik di Indonesia ini memang sangat unik dan tak biasa tidak seperti yang kita lihat di tayangan ajang pencarian cari jodoh di televisi. ajang pencarian jodoh yang sering ditayangkan di televisi merupakan ajang cari jodoh modern namun tahukah bahwa Indonesia juga memiliki tradisi mencari jodoh yang menjadi susatu budaya negri ini. Ajang pencarian ini merupakan suatu tradisi atau budaya daerah yang sudah ada sejak dari nenek moyang dahulu yang tetap dilestarikan sampai saat ini. Ajang pencarian jodoh ini memiliki ciri khas adat istiadat serta budaya yang sangat kental dan juga melalui suatu ritual atau upacara adat daerah yang bersangkutan yang berbeda-beda.


asliunik.net
Tradisi Cari jodoh paling Unik di Indonesia

Nah, tepat sekali pada malam minggu ini asliunik.net akan berbagai informasi bagi kalian yang masih jomblo dan ingin mencari pasangan bisa dunk menyimak artikel yang akan kami ulas dengan lengkap. Setiap manusia memang menginginkan memiliki pasangan yang tepat sesuai dengan keinginannya namun terkadang ada yang mudah mendapatkannya dan ada yang sedikit cukup lama untuk menunggu sang pujaan hati untuk mendapingi hidupnya. 

Memang jodoh, mati adalah rahasia yang maha kuasa namun sebagai manusia selain berdoa agar didekatkan dengan jodohnya juga harus berusaha mencari pendamping hidup dengan bersemangat membara. Memang jomblo itu begitu ngenes ya guys, dikala malam minggu hanya ditemani dengan gadged, cemilan terkadang itu membuat hati teriris melihat teman bergandengan dengan pasangannya. Hehehee.... bagaimana malam minggu anda masih kelabu atau sudah happy dengan pasangan?

Tradisi Cari jodoh paling Unik di Indonesia


Nah, bagi yang belum jangan berkecil hati yah, tetap semangat yaa..!!! berikut ini akan kami hadirkan beberapa tradisi yang ada di Indonesia tentang pencarian jodoh yang unik dan menjadi salah satu ciri budaya bangsa yang patut dilestarikan. Berikut tradisi unik mencari jodoh yang ada di Indonesia.

Omed-omedan, Bali


omed-omedan bali
Tradisi Cari jodoh paling Unik di Indonesia
Tradisi unik mencari jodoh yang pertama adalah omed-omedan merupakan tradisi dari daerah Bali yang sudah ada dan dilakukan sejak dari jaman penjajahan Belanda di Indonesia. Kini ritual atau tradisi ini menjadi salah satu tradisi unik untuk mencari jodoh para sekaha teruna teruni atau para pemuda dan pemudi Bali. Acara ini diawali dengan ritual sembahyang dan kemudian satu dari anggota pemuda serta dari pemudi yang kemudian dipertemukan di kerumunan. 

Dua insan pemuda pemudi akan dipisahkan dengan ditandai dengan guyuran air kemudian para pemuda pemudi dipisah menjadi dua kelompok yakni khusus pemuda dan pemudi. Kedua kelompok saling mengirimkan satu wakil dari mereka untuk dipertemukan dikhalayak umum. Jika keduanya tidak saling suka maka keduanya akan menghindar dan sebaliknya. 

Tarian Emaida Yibu, Papua


tari emaida yibu, papua
Tradisi Cari jodoh paling Unik di Indonesia

Masyarakat Papua terkenal dengan tradisi menyanyi dan juga menari dan ternyata hal itu juga snagat ampuh untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Tradisi unik tersebut diyakini cukup ampuh yang sering dilakukan di Papua yakni masyarakat suku Mee. Cara unik tersebut dilakukan ketika orang suku Mee sedang membangun sebuah rumah dari bambu dan kayu. Kemudian sang gadis menari di dalam rumah dimana rumahnya juga ikut goyang-goyang. Pada saat menari itulah para pemuda atau pemudi suku Mee akan saling menarik perhatian. Tarian tersebut dinamakan tarian Emaida Yibu yang berarti menari di dalam rumah. Pada moment inilah sering dimanfaatkan para pemuda pemudi dari suku Mee untuk mendapatkan pasangannya.


Bibit bebet bobot, Jawa 


bibit bebet bobot, jawa
Tradisi Cari jodoh paling Unik di Indonesia

Masyarakat Jawa memang terkenal dengan suatu tradisi yang mlekenik atau penuh dengan perhitungan termasuk dalam menemukan pasangan hidup yang cocok. Cara dan tradisi orang Jawa dalam menentukan pasangan hidupnya adalah dengan menelusuri bibit bebet da bobot dari sang calon pasangan tersebut. Bibit adalah latar belakang sang calon pasangannya, bebet merupakan dari keluarga dan lingkungan mana ia berasal, serta bobot merupakan kualitasnya bagaimana si calon pasangan tersebut.  Dengan penentuan bibit bebet bobot tersebut telah menjadi suatu patokan bagi masyarakat Jawa untuk menemukan seorang pasangan hidupnya. Dan tradisi ini tetap ada dan dilakukan sampai saat ini walaupun kehidupan sosial masyarakat sudah modern sekalipun.

Tradisi kabuenga, Wakatobi


tradisi kabuenga, wakatobi
Tradisi Cari jodoh paling Unik di Indonesia

Tradisi mencari jodoh selanjutnya adalah tradisi kabuenga yang berasal dari daerah Wakatobi. Tradisi ini sangat unik dimana para pemuda dan juga pemudi dikumpulkan di lapangan selanjutnya para wanitanya akan berjualan makan dan mnuman dengan menggunakan pakaian adat atau walio dan bersanggul. Wanita yang berjualan disini pun memiliki ciri khas dimana wanita yang masih belum menikah akan menggunakan sanggul dengan bentuk bulat sedangkan sanggul kuncir lancip ke belakang merupakan identitas dari wanita yang sudah bersuami. Nah, dari ciri khas tersebut para pemuda mudah untuk mendekati gadis pujaannya dengan membeli dagangannya. Dari situlah proses perkenalannya dan jika saling suka akan berlanjut hingga ke pelaminan.


Tradisi gredoan, Banyuwangi


tradisi gredoan, banyuwangi
Tradisi Cari jodoh paling Unik di Indonesia

Tradisi geredoan yang berasal dari Banyuwangi ini sering dilakukan oleh masyarakat suku Osing. Acara geredoan cukup ramai diikuti oleh para pemuda dan pemudi yang masih jomblo bahkan para janda atau duda pun ikut menyemarakkan acara ini untuk mendapatkan pasangannya. Acara ini diawali dengan para wanita dengan anggota keluarganya menyiapkan tumpeng dan juga berbagai kue basah di dalam bangunana yang terbuat dari bambu. Para prianya menunggu di luar sambil mengintip para wanita dari celah bambu. 

Ketika mengintip tadi pria menemukan tambatan hatinya maka sang pria akan memasukkan seperti lidi melalui celah bangunan dan juga sesekali sabil ngobrol.  Jika wanitanya menolah maka batang lidinya akan dipatahkan dan jika diterima maka batang lidi tersebut akan dibentuk love atau seperti daun waru, cie..ciee...

Nah itulah Tradisi Cari jodoh paling Unik di Indonesia yang tetap dilakukan sampai sekarang. Selamat mencari jodoh dan selamat bermalam minggu semuanya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua, jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru dan unik di seluruh dunia lainnya. Like dan share yaa,,,,, baca pula Tempat Mujarab Buat Nyari Jodoh Untuk Para Jomblo

Related Posts

Tradisi Cari jodoh paling Unik di Indonesia
4/ 5
Oleh