Sunday, May 15, 2016

Permainan Tradisional Yang Tidak Digemari Anak Jaman Sekarang

Permainan Tradisional Yang Tidak Digemari Anak Jaman Sekarang dimana anak sekarang lebih menyukai permaianan yang ada dii gadget atau smarphone canggih. Permainan tradisional sudah sangat langka kita jumpai saat ini karena sudah jarang sekali anak-anak kecil memainkannya. Adanya teknologi yang semakin canggih dan mudah di akses membuat anak-anak lebih sering memainkan game online.  Berbeda dengan anak-anak jaman dulu yang selalu bermain di luar rumah belum mengenal gadget atau sejenisnya. 


Permainan Tradisional
Permainan Tradisional Yang Tidak Digemari Anak Jaman Sekarang

Permainan tradisional lebih mengandalkan kekompakan atau erja sama dengan tim dan arena permainannya di luar rumah. Tetapi berbeda dengan permaianan yang sudah menggunakan teknologi canggih dimana mereka dapat bermain di dalam rumah tanpa ada kerja sama bersama teman atau timnya. Dari keduanya sudah dilihat begitu jauh perbedaannya bukan? Dan kini anak-anak pun lebih senang bermain menggunakan gadgetnya daripada bermain permainan tradisional di luar rumah bersama teman-teman. 

Untuk anak-anak jaman sekarang sebenarnya bisa diperkenalkan dengan dua macam permainan dimana dengan bermain permainan tradisional anak dapat berinteraksi dengan orang banyak secara langsung bekerja sama sedangkan permainan yang berteknologi canggih juga dapat membuat anak dapat mengikuti perkembangan jaman yang ada. Tetapi kini sangat jarang sekali kita menemukan atau melihat anak-anak bermain permainan tradisional bahkan sering kita lihat anak-anak kecil kemana-mana selalu membawa gadget atau smartphone canggih. Mereka pun bahkan tak mengenal dan tak menyukai permainan tradisional yang sebenarnya sangat seru sekali.

Permainan Tradisional Yang Tidak Digemari  Anak Jaman Sekarang


Berikut ada beberapa macam permainan tradisional yang sudah tidak digemari oleh anak-anak masa kini diantaranya.


Petak umpet


petak umpet
Permainan Tradisional Yang Tidak Digemari Anak Jaman Sekarang

Petak umpet merupakan permainan tradisional yang sangat seru sekali dengan cara mencari teman yang sedang bersembunyi sampai ketemu. Caranya yakni satu anak mendapat tugas jaga dengan menutup mata dan menghadap ke tiang atau tembok kemudian teman-temannya bersembunyi dan jika mereka ditemukan maka akan bergantian jaga atau biasa diundi dulu istilah didaerah saya “sut/suit” siapa yang kalah akan jaga.

Lompat tali


lompat tali
Permainan Tradisional Yang Tidak Digemari Anak Jaman Sekarang


Permainan seru dan menyenangkan lainnya adalah lompat tali. Biasanya tali yang sering digunakan adalah karet gelang dirangkai menjadi tali yang panjang. Cara memainkannya secara berkelompok dimana satu kelompok jaga tali atau memegang tali dan satu kelompok meloncati tali sesuai aturannya. Permainan loncat tali ini sering dimainkan oleh anak perempuan namun terkadang anak laki-laki juga suka memainkannya.

Gebog bola


gebog bola
Permainan Tradisional Yang Tidak Digemari Anak Jaman Sekarang

Gebog bola merupakan permainan lucu yang membutuhkan tumpukan batu atau pecahan genteng dan bola kasti. Cara memainkannya dengan menumpuk batu atau pecahan genteng tersebut lalu dirobohkan dengan bola dan yang bisa merobohkan bola jadi pemenang. Permainan ini juga dilakukan secara berkelompok dan sangat seru.

Endog-endogan


endog-endogan
Permainan Tradisional Yang Tidak Digemari Anak Jaman Sekarang

Permainan yang unik namanya endog-endogan dimana para pemainnya saling mengepal tangan dan ditumpuk menjadi satu dan tinggi. Setelah itu mereka menyanyikan lagu “endog-endogan jo pecah pecah nduwur, pecaho ngisor dewe braaak” begitulah kira-kira guys.

Telefon tali


telepon tali
Permainan Tradisional Yang Tidak Digemari Anak Jaman Sekarang

Nah, permainan tradisional menjadikan anak-anak cukup kreatif karena mereka bisa menciptakan telefon mainan sendiri. Telefon mainan ini pun bisa digunakan untuk saling berkomunikasi dengan teman-temannya. Caranya dengan menyiapkan dua kaleng susu kemudian tengahnya diberi lubang kecil diberi tali atau benang untuk menghubungkan kedua kalengnya. Nah setelah itu barulah mereka bisa saling berkomunikasi dengan jarak yang cukup jauh melalui telepon tali tersebut.

Kelereng


kelereng
Permainan Tradisional Yang Tidak Digemari Anak Jaman Sekarang

Permainan kelereng memang sih masih sedikit bisa kita jumpai namun tidak segitu hits seperti jaman dulu. Anak-anak sekarang sudah tidak begitu tertarik dengan bermainan kelereng ini dan berganti ke permainan modern. Permainan kelereng yakni dengan menyiapkan kelereng dan saling menyerang pokoknya seru deh, yang merasa dulu suka pasti tau ya...

Engklang


engklang
Permainan Tradisional Yang Tidak Digemari Anak Jaman Sekarang


Engklang atau di tempat saya namanya egrang juga menjadi permainan tradisional yang kini sudah tidak dijumpai lagi. Permainan ini memakai bambu yang dipakai pijakan dan juga pegangan untuk berjalan. Permainan ini cukup membutuhkan ketenangan keseimbangan tubuh agar tidak jatuh dan bisa jalan dengan baik. Menurut saya ini cukup sulit bahkan hingga saat ini pun saya tidak bisa sempurna bermain ini namun tetap menyenangkan.

Permainan Tradisional Yang Tidak Digemari Anak Jaman Sekarang selain diatas masih banyak lagi seperti lumbungan, gateng, gobak sodor, lompat kaki, ular naga, engklek dan lainnya. Jaman yang semakin maju dan modern telah menggeser suatu hal yang bisa dianggap suatu hal yang cukup menyenangkan bagi anak-anak seperti permainan tradisional tersebut.  Ikuti terus berita terkini yang unik dan menarik dengan berlangganan asliunik.net di facebook dan google +. Baca pula Karakter Anime Paling Kuat Di Dunia

Related Posts

Permainan Tradisional Yang Tidak Digemari Anak Jaman Sekarang
4/ 5
Oleh