Monday, May 8, 2017

Snorkeling buat Pemula di Pantai Sadranan Jogjakarta Indonesia

Pantai Sadranan Jogjakarta Indonesia menjadi destinasi pilihan dari penulis asliunik.net dikarenakan sebelumnya memang telah memberikan ulasan di artikel sebelumnya dan pasti ya belum total ataupun lengkap karena memang hanya sebagai intermezzo informasi kali ini.  pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di daerah Gunung Kidul dikarenakan terdapat beragam kegiatan yang bisa kita lakukan seperti snorkling kemudian jalan-jalan di pantai yang mempunyai banyak sekali spot-spot yang instagramable. Kenyataan lainnya pantai berpasir putih di Indonesia ini juga terhubung dengan pantai di sebelahnya seperti pantai Krakal. Kali ini penulis akan mengulas beragam kegiatan yang kami lakukan selama dua hari berada di pantai Sadranan Jogjakarta Indonesia. Oh ya jangan lupa sebelumnya silakan berlangganan dulu YouTube channel kami dan Facebook fanspage ya biar dapat informasi terbaru dari website ini dengan cepat.


Sadranan

Lokasi pantai Sadranan di Jogjakarta



Sadranan sebetulnya terkenal dengan lokasi pantai untuk melakukan ritual sesaji atau sadran, Anda bisa mendatangi tempat ini untuk ikut serta dalam ritual Sadranan dalam bulan-bulan tertentu. Kenyataannya dikarenakan posisi dan lokasi yang sangat menarik dan indah sekarang pantai ini lebih dikenal dengan lokasi wisata buat keluarga dan untuk kegiatan snorkeling. Bagi Anda yang ingin bepergian ke pantai tersebut maka sebelumnya silakan persiapkan dahulu rute ataupun map yang ingin anda lewati. Untuk mencapai pantai Sadranan ini anda bisa melewati tiga rute baik itu melalui Yogyakarta melalui WonoSari ataupun nanti Wonogiri namun kali ini saya melewati rute WonoSari karena Memang sebelumnya saya sudah pernah melewati rute yang Jogjakarta dari arah Pantai Parangtritis. Penulis mengawali perjalanan dari Salatiga menuju Boyolali kemudian Klaten dan juga WonoSari,  saya menggunakan aplikasi Android bernama Waze. Meskipun terkadang tidak begitu akurat namun Waze ini menjadi salah satu aplikasi penunjuk arah yang selalu saya instal di smartphone Android saya.

Penulis mengunjungi daerah pantai tersebut alias pantai Sadranan itu pada hari-hari kerja dengan tujuan supaya tidak begitu ramai kondisi dan keadaan pantai tersebut. Meskipun demikian bagi Anda yang memang hanya bisa berlibur saat weekend tetap tidak masalah karena memang lokasi wisata tersebut masih tetap nyaman untuk dikunjungi. Perjalanan dari Salatiga menuju pantai Sadranan kurang lebih tiga setengah jam,  dan sekilas memang lebih cepat jika dibandingkan jika kita harus melewati Jogjakarta terlebih dahulu. Selanjutnya penulis sudah ulas di artikel sebelumnya bahwa jalan yang dilewati belum begitu bagus namun sekarang saya perbaiki dan saya update bahwa jalan yang akan anda lewati sudah sangat bagus dan layak untuk dilewati baik itu oleh kendaraan umum seperti bus, kendaraan pribadi mobil ataupun motor jenis apapun yang penting bukan pesawat aja. Saat sudah masuk ke Gunungkidul Nantinya di sana terdapat pintu masuk di bagian tengah dan anda membayar kurang lebih Rp20.000 untuk 2 orang Berarti 1 orang nya Rp10.000. Jika penulis review ternyata tiket masuk di gugusan pantai ginung kidul itu sangat murah meriah jika dibandingkan kualitas liburan yang akan anda dapatkan.


Sadranan Gunung Kidul


Penginapan di pantai Sadranan Gunung Kidul



Bagi Anda yang ingin menginap ataupun bermalam disana dan penulis sangat menyarankan hal itu karena memang Anda nantinya kemungkinan besar ingin menjelajah berjalan-jalan di beberapa pantai yang berdekatan dengan pantai Sadranan dalam satu hari itu terasa kurang. Terlebih lagi jika memang Anda ingin total menikmati liburan di pantai memang diperlukan waktu yang cukup lama sehingga sebaiknya Anda bermalam ataupun mencari penginapan setelah anda sampai di lokasi wisata pantai Sadranan ini. Ada banyak variasi penginapan yang bisa anda gunakan baik itu yang berada di pinggir pantai di atas tebing ataupun agak jauh dari lokasi.


Sadranan Gunung Kidul



Penginapan yang penulis pilih berada di tebing dan mempunyai view alias pemandangan yang langsung berhadapan dengan laut meskipun sedikit Jauh tidak begitu masalah. Nama penginapan yang penulis pilih adalah Bob’s Home yang memang setelah saya lihat sangat strategis dan nyaman. Di penginapan ini Anda bisa mendapatkan beberapa pilihan ruangan baik itu yang menggunakan AC televisi ataupun hingga yang hanya menggunakan kipas angin dengan harga yang cukup variatif dari 300.000 hingga Rp200.000. Penulis memilih kamar yang menggunakan AC namun tidak berfasilitas televisi karena memang keinginan Kami adalah untuk lebih banyak di luar ruangan dengan harga Rp250.000. Keadaan Kamar baik dan bersih sehingga sangat nyaman untuk ditempati.


Penginapan di Sadranan


Penginapan Bob’s home memang cukup menarik minat kami terutama saat melihat ke dalam ruangan dan juga kebagian pemandangan sekitarnya Karena disana sudah di-setting sedemikian rupa sehingga sangat menarik untuk dijadikan pilihan terbaik. Meskipun demikian di tempat-tempat lain juga masih ada penginapan-penginapan dengan kisaran harga antara Rp150.000 hingga Rp300.000 biasanya harga tersebut akan berubah pada saat weekend dengan naik kurang lebih Rp50.000. lihat video awal perjalan kami disini.




Restoran di pantai Sadranan



Salah satu kejadian unik yang sempat kita rasakan adalah ternyata di awal kita berpikiran di sana mempunyai banyak sekali fasilitas restoran ataupun warung makan yang akan buka 24 jam namun kenyataannya hanya sampai maksimal jam 08.00 malam kebanyakan dari warung-warung tersebut sudah tutup. Beruntungnya kami bisa menemukan salah satu warung yang ada di daerah Pantai Krakal yang dapat menyediakan menu sesuai yang kami pilih seperti nasi goreng dan juga bakso dengan harga yang cukup murah meriah itu antara Rp10.000 hingga Rp15.000 per menu. 


Warung di Sadranan



Restoran ataupun rumah makan yang ada di daerah sekitar pantai Sadranan dan Pantai Krakal ini memang tidak begitu mewah alias sederhana karena memang dibuat dari kayu dan juga dibuat se alami mungkin. Meskipun demikian jika penulis rasakan dan cek dari kualitas rasa juga sudah lumayan enak meskipun itu tergantung dari pilihan warung makan itu sendiri.

selain itu juga sebaiknya Anda membeli makanan dan minuman jauh-jauh hari ataupun sudah membeli di misalnya supermarket ataupun minimarket baik itu Alfamart, Indomaret selama di perjalanan silakan beli sebanyak-banyaknya sehingga pada malam hari Anda tidak akan kelaparan di sana. 


Apa yang bisa dilakukan di pantai Sadranan


Seperti yang sudah menulis ulas di artikel sebelumnya salah satu daya tarik dari pantai ini adalah Anda bisa snorkeling, jalan-jalan di pesisir pantai berwarna putih, naik ke bukit dan tebing-tebing yang sangat instagramable. Nah salah kan Bagaimana pengalaman yang sudah kita lewati selama 2 hari ini kita akan share berikut ini.

Snorkling Sadranan


Snorkeling buat Pemula di pantai Sadranan Gunung Kidul



Siapa yang tidak suka dunia bawah laut alias snorkeling ataupun melihat-lihat ikan dan terumbu karang di bawah permukaan laut. Saat Anda ingin Snorkeling di sini juga sudah banyak sekali penyedia jasa baik itu dari pakaian ataupun malah Allin paket alias seluruh paket. Saat penulis mencoba untuk snorkeling yang pertama kali karena memang masih awam dalam dunia selam menyelam ternyata ada juga pemandu ataupun instruktur yang membantu kita untuk mengeksplor bawah laut dari pantai Sadranan ini.


Snorkeling di Sadranan buat pemula



Biaya untuk sewa perlengkapan snorkeling di pantai Sadranan ini juga termasuk murah meriah yaitu berkisar antara Rp35.000 hingga Rp50.000 di weekend. Dan biasanya itu sudah keseluruhan paket peralatan snorkeling yaitu baju pelampung kacamata snorkeling sepatu dan juga Kamera action seperti GoPro ataupun versi yang murah meriah yaitu Brica, Xiaomi dan sebagainya. Saat penulis menyewa peralatan snorkeling tersebut ternyata instrukturnya baik hati dan membantu kami untuk menjelajahi dunia bawah laut di pantai Sadranan ini dengan sabar. Pengunjung bisa menyelam sendiri jika memang sudah expert ataupun sudah ahli dalam dunia snorkeling. Waktu sewa peralatan snorkeling juga tidak dibatasi berapa Jam sehingga kita bisa leluasa untuk bersantai Ria di pantai Sadranan.

Gazebo dan Jalan-jalan di pesisir pantai Sadranan



Pantai Sadranan mempunyai pasir yang berwarna putih sehingga sangat menarik dan menyenangkan untuk bermain-main di sana dengan keluarga ataupun kolega ataupun orang-orang terkasih. Di sana anda bisa bermain-main seperti membuat rumah-rumahan orang-orangan dengan pasir putih itu. Selain itu juga ndak bisa bermalas-malasan di Gazebo Gazebo yang sudah tersedia di sana karena memang salah satu daya tariknya adalah adanya Gazebo di dekat pantai itu sendiri. Jika anda ingin menyewa Gazebo disana anda cukup membayar kurang lebih Rp30.000 untuk pemakaian sepuasnya.


Sadranan



Di pesisir pantai Anda juga bisa mencari beberapa binatang laut ataupun batu batu karang yang unik dan lucu untuk digunakan buat foto foto. Meskipun demikian ada beberapa tempat yang hanya berisi batuan Karang sehingga akan sedikit sakit di kaki. Silakan mencari jalan yang lebih enak dan nyaman karena memang penulis merasakan jika melewati batu-batuan Karang kecil-kecil akan sangat terasa sakit. 

Tempat favorit dan instagramable di pantai Sadranan



Tempat Foto di Sadranan

Di pantai ini anda dapat mencari beberapa lokasi ataupun sport yang sangat baik dan sangat bagus untuk selfie ataupun berfoto pria. Terlebih lagi bagi Anda yang sangat identik dengan Istagram maka lokasi lokasi tersebut akan bisa anda memaksimalkan untuk menunjang foto di Instagram anda. Yang pertama adalah anda bisa foto-foto saat snorkeling dengan menggunakan kamera action yang disewakan oleh pihak persewaan. Setelah itu Anda bisa mencari tebing dibagian kiri dari pantai Sadranan silakan jalan terus di sana nanti anda akan menemukan tebing yang sangat layak untuk anda kunjungi. 


Sadranan


Di tebing ini Anda diharapkan secara sukarela memberikan beberapa donasi untuk menjaga kelestarian dari tebing itu sendiri. Saat Anda naik Anda akan menemukan tulisan papan di sana seperti pada gambar di bawah ini.


Sadranan


Selanjutnya Setelah Anda naik ke tebing itu Anda bisa mengeksplor beberapa tempat di atas sana yang memang sangat Instagramable seperti di bagian tebing yang anda bisa berfoto Ria dengan sedikit menantang adrenalin anda. Kenapa penulis bilang seperti itu karena memang di bawahnya ada kali menemukan deburan ombak yang sangat keras sehingga harus cukup nyali untuk berada di sana. 




 penulis juga mencoba untuk mengeksplor daerah daerah pantai sekitar Sadranan seperti Pantai Krakal dan di sana juga terdapat spot spot untuk berfoto Ria dengan lokasi yang sangat menarik dan Natural. Salah satunya adalah anda akan berada di tebing yang besar dengan tulisan background Pantai Krakal dan di sana ada bisa menunggu baik itu sunrise ataupun Sunset dengan nyaman karena memang sudah tersedia tempat duduknya. Secara keseluruhan saat berfoto di sana penulis mendapatkan banyak sekali pengalaman seperti saat menunggu Sunset. 


krakal gunung kidul


Wisata pantai Sadranan Gunung Kidul Jogjakarta jika penulis simpulkan merupakan salah satu lokasi destinasi wisata yang sangat recommended. Anda bisa berkunjung bersama keluarga tercinta baik itu bersama anak-anak tercinta karena memang di sana tergolong aman dan ombak juga tidak begitu tinggi. Meskipun demikian kita harus tetap waspada terhadap segala sesuatu. Pengalaman yang penulis rasakan selama 2 hari ini jika saya rating dari skalar 1 sampai 5 maka penulis akan berikan nilai 5. Nah demikian ulasan mengenai pantai Sadranan Gunung Kidul Jogjakarta semoga bermanfaat dan seluruh film dan video yang ditayangkan di artikel ini diambil dengan kamera smartphone dari vendor Asus Zenfone. Selamat berlibur dengan keluarga tersayang.

Related Posts

Snorkeling buat Pemula di Pantai Sadranan Jogjakarta Indonesia
4/ 5
Oleh